perpus perpus

13 posts

Rapat Koordinasi Tim Repository Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya

Rabu, 14 Juli 2021. Tim repository perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan rapat koordinasi secara daring untuk menyamakan persepsi dalam mengelola karya ilmiah dosen. Rapat ini merupakan tindak lanjut dari rapat yang dihadiri oleh kepala perpustakaan dengan pimpinan UIN Sunan Ampel Surabaya. Rapat yang dihadiri oleh (1) Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan; (2) Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan; (3) Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan; (4) Kepala Pusat Sistem Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPD) serta Koordinator dan Sub koordinator bagian Organisasi dan Kepegawaian ini membahas tentang sinergi antara bagian kepegawaian, PUSTIPD, dan perpustakaan dalam menyukseskan kegiatan peningkatan jenjang karir dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rapat tim repository yang berlangsung pada pukul 13.00-15.00 WIB ini dibuka oleh Ibu Ummi Rodliyah, S.Ag., S.IPI., M.Hum. dan dilanjutkan presentasi oleh Bapak Abdun Nashir, S.Pd.I.  Dalam pemaparannya, Bapak Nashir menjelaskan tahapan-tahapan dalam proses mengelola karya ilmiah dosen, dimulai proses penelusuran karya ilmiah hingga terbit di repository books. Selain itu, dalam rapat ini bapak nashir dan tim repository juga berdiskusi terkait beberapa hal, diantaranya format penulisan meliputi nama file, judul, kata kunci, penentuan subjek dan beberapa kendala yang dihadapi tim repository selama mengelola karya ilmiah. Lebih lanjut untuk total karya ilmiah yang terdapat di Digilib yaitu 1.407 sedangkan yang terdapat di Books  yaitu 308, sehingga total sementara per 15 Juli 2021 yaitu 1.715 karya ilmiah. Dengan diadakannya rapat koordinasi ini, diharapkan tim repository mampu menunjang kegiatan akademik bagi Sivitas Akademika UIN Sunan Ampel Surabaya.

Tim Repository Siap Membantu Unggah Karya Ilmiah Dosen UIN Sunan Ampel

Hai Sobat Perpustakaan, khususnya Dosen UIN Sunan Ampel…

Dalam rangka mempermudah layanan selama pandemi Covid-19, perpustakaan menyediakan layanan bantuan upload karya ilmiah dosen oleh bagian repository. Bapak dan Ibu Dosen hanya perlu mengirimkan karya ilmiah dalam file format PDF via email ke perpus@uinsby.ac.id. Sementara bagi Bapak dan Ibu Dosen yang karya ilmiahnya telah terbit pada platform open access (seperti ojs dll) cukup mengirimkan link karya ilmiah.

Bagi yang belum memiliki akun di books, Bapak dan Ibu Dosen  dengan mengirimkan:

  • nama lengkap,
  • NIP, dan
  • Email aktif.

setelah mengirim persyaratan, Bapak dan Ibu Dosen dapat mengonfirmasi dengan cara menghubungi Bapak Nashir: 0821-4027-8131

Semua layanan ini bersifat Gratis alias Tidak dipungut Biaya!

Perpustakaan UIN Sunan Ampel Meraih Nilai A dalam Re-Akreditasi Perpustakaan

Berdasarkan Sertifikat Nomor: 0238/LAP.PT/V.2021 tanggal 4 Mei 2021, Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya telah meraih nilai Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Hasil capaian ini tentu merupakan prestasi yang membagakan baik bagi perpustakaan dan seluruh Sivitas Akademika UIN Sunan Ampel. Semoga dengan tercapainya nilai A pada Re-akreditasi perpustakaan, Perpustakaan UIN Sunan Ampel mampu meningkatkan kualitas dan pelayanan, baik dari segi sumber daya manusia dan pelayanan. Salam Literasi!!!

Perpustakaan UIN Sunan Ampel Gelar Halal Bi Halal Usai Idul Fitri 1442 H

Senin, 17 Mei 2021 setelah menjalankan ibadah puasa ramadhan selama satu bulan, keluarga besar Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya melakukan kegiatan Halal Bi Halal dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Kegiatan yang dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dibacakan oleh Ibu Imroatul Mufidah, S.IIP dan dilanjutkan dengan sambutan dari kepala perpustakaan. Dalam sambutannya, Ibu Dr. Irma Soraya, M.Pd. menekankan pentingnya toleransi dan kesabaran bagi setiap karyawan dalam berinteraksi dengan sesama karyawan maupun dengan pemustaka dalam upaya peningkatan kinerja dan layanan.

Kepala Perpustakaan UIN Sunan Ampel – Dr. Irma Soraya, M.Pd.

Setelah sambutan yang disampaikan oleh Ibu Dr. Irma Soraya, M.Pd. selaku kepala perpustakaan Uinsa, kegiatan ini dilanjutkan dengan tausiyah oleh Bapak Drs. H. Moh. Mansyur, MM., dan diakhiri dengan doa oleh Bapak Drs. H. Habib, MM.

Karyawan perpustakaan UIN Sunan Ampel

Tidak berhenti sampai situ, kegiatan ini dilanjutkan dengan saling meminta maaf, mengingat sebagai insan manusia tentu tidak terlepas dari kesalahan. Berbeda dengan kegiatan yang pernah dilakukan saat Halal Bi Halal, pada kesempatan ini karyawan perpustakaan melakukan tukar kado sederhana yang dipandu oleh Bapak Hary Supriyatno, S.Ag., M.Pd., kemudian kegiatan ini ditutup dengan foto bersama-sama. Semoga dengan adanya kegiatan ini, khususnya karyawan perpustakaan dapat memulai aktivitas dengan hati dan fikiran yang jernih, sehingga mampu untuk saling bersinergi guna meningkatkan kualitas perpustakaan.

Perpustakaan UIN Sunan Ampel Tandatangani MoU dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Surabaya

Selasa, 11 Mei 2021, tepat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Surabaya yang berlokasi di Jalan Pemasyarakatan no 1, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Surabaya. Pada kegiatan ini, juga dihadiri oleh Bapak Drs. Supratomo, selaku kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Hal ini dikarenakan pada kesempatan ini, pihak Lapas Kelas I Surabaya juga menandatangani dua perjanjian kerjasama. Penandatanganan MoU antara Perpustakaan UIN Sunan Ampel dan Lapas Kelas I Surabaya ini diwakili oleh Ibu Dr. Irma Soraya, M.Pd. selaku kepala perpustakaan, dan Bapak Gun Gun Gunawan,A.Md.I.P., SH., M.H. selaku kepala lapas.

Foto Bersama dalam acara penandatanganan MoU

Kedua belah pihak berharap bahwa perjanjian kerjasama ini berjalan dengan lancar. Selain itu  melalui perjanjian kerjasama ini juga diharapkan mampu untuk meningkatkan literasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yaitu melalui program hibah buku dan pendampingan pengelolaan serta pemanfaatan perpustakaan. Setelah proses penandatangan MoU selesai, pihak perpustakaan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dipersilahkan untuk berkeliling melihat bangunan baru yang terdapat di Padepokan Ilmu Latubaya.

Berkeliling di Padepokan Ilmu Latubaya