Berita

17 posts

Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya Mengikuti Workshop Sistem Manajemen Perguruan Tinggi

Selasa-Rabu, 9-10 November 2021, Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya mengikuti Workshop Sistem Manajemen Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Ampel Surabaya di Hall Utama lantai 5 Greensa Inn, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Workshop ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pendampingan kepada Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) dan seluruh UPT di UIN Sunan Ampel Surabaya terkait ISO 21001:2018 dan 9001:2015. Dalam workshop ini, para peserta dibekali dengan pengetahuan sekaligus praktik dalam mempersiapkan kebutuhan yang perlu disiapkan untuk ISO 21001:2018 dan 9001:2015. Adapun perwakilan yang menghadiri dari perpustakaan yaitu:

  • Dr. Irma Soraya, M.Pd. (Kepala Perpustakaan)
  • Ummi Rodliyah, S.Ag., S.IPI., M.Hum. (Sekretaris Perpustakaan)
  • Aries Hamidah, S.Ag., S.IPI., M.M. (Koordinator layanan)
  • Habib, M.M. (Koordinator Layanan)
  • Harry Supriyatno, S.Ag., M.Pd. (Koordinator Layanan)
  • Abdun Nashir, S.Pd.I. (Koordinator Layanan)
  • Samidah Nurmayuni, S.Ag., M.M. (Koordinator Layanan)
  • Abdul Wahid Junaidi, S.Pd.I. (Koordinator Layanan)
  • Joko Susilo (Koordinator Layanan)
  • Rini Wahyu Ningsih, S.Ptk. (Koordinator Layanan)
  • Nurul Hidayah, S.Sos. (Pengelola Administrasi dan Dokumentasi)

Perwakilan diatas yang sekaligus merupakan Tim ISO dari perpustakaan merupakan tim yang bertanggung jawab dalam merumuskan kebijakan mutu dan sasaran mutu yang ada di perpustakaan. Semoga dengan dirumuskannya kebijakan dan sasaran mutu ini, perpustakaan mampu untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan yang optimal kepada pemustaka.

Kunjungan Pengelola Perpustakaan Binaan PP Ahlus-Shafa wal-Wafa Sepanjang, Sidoarjo

Selasa, 2 November 2021 Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya menerima kunjungan dari pengelola perpustakaan binaan Pondok Pesantren Ahlus-Shafa wal-Wafa Sepanjang, Sidoarjo. Acara yang diselenggarakan di ruang diskusi ini dihadiri oleh 4 pengelola perpustakaan binaan PP Ahlus-Shafa wal-Wafa dan 6 orang perwakilan dari perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Acara ini dimoderatori oleh Ibu Ummi Rodliyah, S.IPI., M.Hum. dan dilanjutkan dengan sambutan oleh kepala perpustakaan yaitu Ibu Dr. Irma Soraya, M.Pd. Setelah acara penyambutan selesai, 4 orang perwakilan dari perpustakaan binaan PP Ahlus-Shafa wal-Wafa diajak  berkeliling untuk memperkenalkan fasilitas yang tersedia di perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Selanjutnya, selama 14 hari kedepan mereka akan belajar terkait otomasi dan layanan yang ada di perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dengan adanya kunjungan untuk praktik kerja ini, diharapkan para pengelola Perpustakaan Binaan PP Ahlus-Shafa wal-Wafa Sepanjang Sidoarjo mampu untuk menyerap ilmu yang mereka peroleh selama di perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya serta mampu untuk menerapkannya sesuai dengan kondisi perpustakaan, tempat mereka mengabdi. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antara kedua belah pihak.

Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya Laksanakan Studi Banding Pada 5 Universitas Di Malang

Jumat, 1 Oktober 2021 bertepatan dengan hari kesaktian pancasila, Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya melaksanakan studi banding ke 5 universitas ternama di kota Malang yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang. Pada kesempatan ini perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya mendelegasikan 5 pustakawan dan staff di setiap destinasi. Para delegasi ditugaskan untuk melihat dan mengidentifikasi program-layanan unggulan serta berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan pustakawan yang terdapat di 5 perpustakaan tersebut,

Benchmarking sendiri merupakan salah satu cara yang dilakukan guna meningkatkan nilai lebih instansi dengan cara memperbaiki performa, meningkatkan kualitas pelayanan, serta hal lainnya dengan memanfaat performa dari instansi lain yang dianggap lebih baik. Sehingga dengan dilakukan studi banding ini, diharapkan nilai lebih yang ada di 5 perpustakaan tersebut dapat diterapkan di perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya, tentunya dengan melakukan penyesuaian sesuai dengan kondisi di perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Selain melaksanakan studi banding, pada kunjungan kali ini, perpustakaan juga berkesempatan untuk melakukan penandatanganan MOU dengan Perpustakaan Universitas Islam Malang. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar perpustakaan dapat bersinergi untuk mengembangkan kualitas masing-masing perpustakaan. Semoga kerjasama ini terjalin dengan baik dan perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya mampu untuk melebarkan sayap untuk memperluas jaringan kerjasama. Aamiin.

Berikut merupakan dokumentasi kegiatan studi banding.

Mengenang 7 Hari Kepergian Alm. Bapak Dul Halim

Senin, 6 September 2021, Keluarga besar perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar doa dan tahlil bersama hari ke-7 untuk almarhum Bapak Dul Halim. Kegiatan doa dan tahlil bersama ini rutin digelar hingga hari ke-7 sebagai bentuk penghormatan terhadap almarhum. Kegiatan ini digelar dengan rangkaian acara sebagai berikut:

  • Pembukaan oleh MC Bapak Fatikul Himami, M.E.I.

  • Pembacaan Surat Yasiin oleh Bapak Upik Khoirul Abidin, M.Pd.I.

  • Pembacaan tahlil oleh Bapak Dr. Sirajul Arifin, S.S., M.E.I.

  • Pembacaan doa oleh Bapak Dr. H.M. Yunus Abu Bakar, M.Ag.

Setelah sesi pembacaan doa berakhir, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian kesan-kesan oleh rekan almarhum. Pada hari ke-7 ini diwakili oleh Bapak Dr. Muhammad Mansyur, M.M. (pustakawan madya) selaku rekan kerja di perpustakaan. Bapak Mansyur menceritakan bagaimana pengalamannya selama mengenal almarhum. Bagaimana tingkah laku almarhum tidak pernah menyakiti hati dan selalu bekerja secara ikhlas dan maksimal. Beliau bukanlah orang yang banyak bicara, namun ketika diajak bicara/diskusi beliau adalah pribadi yang sangat menyenangkan.

Semasa hidupnya, almarhum Bapak Dul Halim telah mendedikasikan hidupnya di UIN Sunan Ampel Surabaya, dimana beliau telah bertugas di beberapa unit di UIN Sunan Ampel Surabaya, diantaranya yaitu di Fakultas Syariah dan Hukum, Kopertais dan 2 tahun terakhir beliau bertugas di perpustakaan.

Memasuki sesi terakhir, bapak Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D. selaku rektor mengucapkan terimakasih kepada peserta yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti doa dan tahlil bersama ini. Bapak Masdar bercerita bahwa almarhum adalah orang biasa yang memiliki kualitas kepribadian yang menjadikan almarhum sebagai orang yang luar biasa. Banyak orang yang merasa kehilangan almarhum, hal ini membuktikan bahwa insyaAllah beliau adalah orang yang meninggalkan jejak kebajikannya lebih panjang dari usianya. Lebih lanjut Bapak Masdar berharap bahwa kita semua mampu meneladani sikap baik beliau dan rutin untuk mengirim doa. Beliau juga berpesan kepada keluarga yang ditinggalkan, agar tetap kuat dan tetap tabah. Karena tanggung jawab bagi orang yang masih hidup yaitu melanjutkan kebaikan yang telah dilakukan oleh almarhum.

 “Ragamu mungkin tak lagi hadir menemani, tetapi dedikasimu akan selalu kami kenang di dalam hati. Selamat jalan Bapak Dul Halim. Semoga Allah SWT menerima semua amal kebaikanmu, mengampuni segala kesalahan dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan ketabahan dan kesabaran. Aamiin

PBAK Literasi Informasi Dasar Mahasiswa Baru TA. 2021/2022

Sabtu, 4 September 2021 telah diselenggarakan kegiatan Literasi Informasi Dasar bagi mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 dalam rangka kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Sunan Ampel Surabaya. Semoga dengan mengikuti kegiatan ini, dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan sebagai bekal optimalisasi pemanfaatan layanan dan koleksi yang tersedia di perpustakaan. Salam Literasi!

 

Keluarga Besar Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya Berdukacita atas Wafatnya Bapak Dul Halim

Innalillahi Wainnailaihi Roji’un

Keluarga Besar Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya turut berdukacita atas wafatnya Bapak Dul Halim (Cak Dul) (Pegawai JFU Perpustakaan) pada hari Senin, 30 Agustus 2021 pukul 24.00 WIB. Semoga Allah SWT menerima semua amal kebaikan beliau, mengampuni segala kesalahan dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan ketabahan dan kesabaran. Aamiin.

Rapat Koordinasi Tim Kecil Layanan Ekspedisi

Kamis, 12 Agustus 2021. Menindaklanjuti dari rapat terakhir terkait rencana layanan ekspedisi, tim kecil layanan ekspedisi mengadakan rapat koordinasi. Rapat perdana ini diselenggarakan dalam rangka pembahasan lebih lanjut mengenai realisasi layanan ekspedisi. Pembahasan yang dibahas oleh tim kecil layanan ekspedisi, diantaranya yaitu:

  • Kualifikasi pemustaka yang dapat menggunakan layanan;
  • Alur/SOP pelayanan;
  • Jangkauan lokasi;
  • Durasi peminjaman;
  • SOP Packaging;
  • pemilihan jasa ekspedisi; dan
  • Hal-hal teknis lainnya.

Adapun hasil dari pembahasan di atas, akan dibahas dan dikaji lebih lanjut, sehingga layanan tersebut dapat benar-benar terealisasikan dengan optimal. Jadi buat Sobat Perpustakaan yang menunggu dan ingin menggunakan layanan ini, harap bersaar dan tetap stay tune di media sosial perpustakaan yaaa.

Rapat Koordinasi Tim Perpustakaan Tentang Layanan Ekspedisi

Senin, 9 Agustus 2021, Ibu Dr. Irma Soraya, M.Pd. selaku Kepala perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan rapat koordinasi dengan petugas perpustakaan secara daring via Google Meeting. Rapat ini diselenggarakan dalam rangka mengevaluasi layanan selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Dalam rapat ini membahas agenda, diantaranya yaitu: (1) pemaparan kinerja yang dilakukan selama PPKM, (2) kendala yang dihadapi dalam memberikan layanan selama PPKM, (3) rencana pembukaan layanan ekspedisi.

Setelah memaparkan kinerja dan kendala yang dihadapi, petugas yang hadir dalam rapat segera mencari solusi, diantaranya yaitu program peminjaman koleksi fisik. Hal ini diusulkan untuk memfasilitasi pemustaka yang ingin memanfaatkan koleksi fisik perpustakaan. Mengingat dewasa ini masih diberlakukan PPKM, maka pemustaka tidak dapat hadir langsung ke perpustakaan. Sehingga pada kesempatan ini, perpustakaan menggagas program peminjaman koleksi fisik dengan menggunakan jasa ekspedisi (layanan ekspedisi). Untuk realisasi dan pembahasan teknis program ini, kepala perpustakaan membentuk tim kecil yang akan berfokus pada layanan ekspedisi.

“Dengan adanya gagasan program ini, semoga perpustakaan tetap dapat memberikan layanan terbaik kepada pemustaka dan program ini dapat segera terealisasi,” ungkap kepala perpustakaan.

Rapat Koordinasi Tim Repository Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya

Rabu, 14 Juli 2021. Tim repository perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan rapat koordinasi secara daring untuk menyamakan persepsi dalam mengelola karya ilmiah dosen. Rapat ini merupakan tindak lanjut dari rapat yang dihadiri oleh kepala perpustakaan dengan pimpinan UIN Sunan Ampel Surabaya. Rapat yang dihadiri oleh (1) Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan; (2) Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan; (3) Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan; (4) Kepala Pusat Sistem Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPD) serta Koordinator dan Sub koordinator bagian Organisasi dan Kepegawaian ini membahas tentang sinergi antara bagian kepegawaian, PUSTIPD, dan perpustakaan dalam menyukseskan kegiatan peningkatan jenjang karir dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rapat tim repository yang berlangsung pada pukul 13.00-15.00 WIB ini dibuka oleh Ibu Ummi Rodliyah, S.Ag., S.IPI., M.Hum. dan dilanjutkan presentasi oleh Bapak Abdun Nashir, S.Pd.I.  Dalam pemaparannya, Bapak Nashir menjelaskan tahapan-tahapan dalam proses mengelola karya ilmiah dosen, dimulai proses penelusuran karya ilmiah hingga terbit di repository books. Selain itu, dalam rapat ini bapak nashir dan tim repository juga berdiskusi terkait beberapa hal, diantaranya format penulisan meliputi nama file, judul, kata kunci, penentuan subjek dan beberapa kendala yang dihadapi tim repository selama mengelola karya ilmiah. Lebih lanjut untuk total karya ilmiah yang terdapat di Digilib yaitu 1.407 sedangkan yang terdapat di Books  yaitu 308, sehingga total sementara per 15 Juli 2021 yaitu 1.715 karya ilmiah. Dengan diadakannya rapat koordinasi ini, diharapkan tim repository mampu menunjang kegiatan akademik bagi Sivitas Akademika UIN Sunan Ampel Surabaya.