Monthly Archives: September 2021

7 posts

Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya Kembali Buka Layanan

Hai Sobat Perpustakaan! Kabar gembira untuk kalian semua. Layanan tatap muka akan kembali hadir pada hari Selasa tanggal 28 September 2021.
Adapun ketentuan yang harus  dilakukan yaitu:

  1. Wajib mengisi  form registrasi pemesenan kunjungan melalui https://bit.ly/tatapmuka-layanan (sehari sebelum layanan pada jam kerja)
  2. Membawa kartu identitas (KTM, KTP/SIM)
  3. Kuota kunjungan 80 Pemustaka setiap harinya

Yuk segera daftar dengan cara mengisi form diatas dan jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yaa, Salam Literasi!

Something New is Coming in UINSA Library: Prosedur Pemanfaatan Lib Book Delivery Service UINSA

Hai Sobat Perpustakaan!

Perpustakaan Uinsa kembali hadir dengan layanan baru. Lib Book Delivery Service merupakan solusi pemanfaatan koleksi cetak bermutu. Jadi seluruh Sobat Perpustakaan, terutama untuk mahasiswa dengan tugas akhir bisa memanfaatkan layanan ini. Prosedur pemanfaatan ini mudah banget lho. Yang pertama, cek ketersediaan koleksi di catalog perpustakaanKedua, isi form layanan Ketiga, menghubungi petugas bagian layanan paket (Ibu Hety: 081330724523). Keempat, memilih jasa ekspedisi langganan. Kelima, membayar biaya pengiriman sesuai yang ditentukan.

Adapun persyaratan dalam menggunakan layanan ini:

  1. Diutamakan bagi mahasiswa dengan tugas akhir,
  2. Area gerbangkertosusila,
  3. Biaya ongkir ditanggung pemustaka,
  4. Pengiriman paket setiap hari selasa dan kamis,
  5. Durasi peminjaman 2 minggu,
  6. Info lebih lengkap, silahkan hubungi Ibu Hety: 081330724523.

Yukk sobat segera nikmati layanan baru ini. Kami tunggu ya, salam literasi!

Video Tutorial Pemanfaatan Layanan dan Koleksi Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya

Hi Sobat Perpustakaan!

Apa kabar semua? Semoga kita semua dalam keadaan sehat. Untuk menambah informasi Sobat Perpustakaan, yuk kita simak video tutorial pemanfaatan layanan dan koleksi di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Check this out! Jangan lupa like dan subscibe yaaa

Digital Library di Perpustakaan UINSA

Integritas Akademik dan Peran Turnitin

Langkah Praktis Akses E-Journal Springer

Langkah Praktis Akses Buku Koleksi Perpustakaan UINSA

[Library Room Tour] Layanan untuk Pemustaka

Media Sosial dan Website sebagai Sarana Promosi Perpustakaan

Video Perpustakaan lainnya

Mengenang 7 Hari Kepergian Alm. Bapak Dul Halim

Senin, 6 September 2021, Keluarga besar perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar doa dan tahlil bersama hari ke-7 untuk almarhum Bapak Dul Halim. Kegiatan doa dan tahlil bersama ini rutin digelar hingga hari ke-7 sebagai bentuk penghormatan terhadap almarhum. Kegiatan ini digelar dengan rangkaian acara sebagai berikut:

  • Pembukaan oleh MC Bapak Fatikul Himami, M.E.I.

  • Pembacaan Surat Yasiin oleh Bapak Upik Khoirul Abidin, M.Pd.I.

  • Pembacaan tahlil oleh Bapak Dr. Sirajul Arifin, S.S., M.E.I.

  • Pembacaan doa oleh Bapak Dr. H.M. Yunus Abu Bakar, M.Ag.

Setelah sesi pembacaan doa berakhir, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian kesan-kesan oleh rekan almarhum. Pada hari ke-7 ini diwakili oleh Bapak Dr. Muhammad Mansyur, M.M. (pustakawan madya) selaku rekan kerja di perpustakaan. Bapak Mansyur menceritakan bagaimana pengalamannya selama mengenal almarhum. Bagaimana tingkah laku almarhum tidak pernah menyakiti hati dan selalu bekerja secara ikhlas dan maksimal. Beliau bukanlah orang yang banyak bicara, namun ketika diajak bicara/diskusi beliau adalah pribadi yang sangat menyenangkan.

Semasa hidupnya, almarhum Bapak Dul Halim telah mendedikasikan hidupnya di UIN Sunan Ampel Surabaya, dimana beliau telah bertugas di beberapa unit di UIN Sunan Ampel Surabaya, diantaranya yaitu di Fakultas Syariah dan Hukum, Kopertais dan 2 tahun terakhir beliau bertugas di perpustakaan.

Memasuki sesi terakhir, bapak Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D. selaku rektor mengucapkan terimakasih kepada peserta yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti doa dan tahlil bersama ini. Bapak Masdar bercerita bahwa almarhum adalah orang biasa yang memiliki kualitas kepribadian yang menjadikan almarhum sebagai orang yang luar biasa. Banyak orang yang merasa kehilangan almarhum, hal ini membuktikan bahwa insyaAllah beliau adalah orang yang meninggalkan jejak kebajikannya lebih panjang dari usianya. Lebih lanjut Bapak Masdar berharap bahwa kita semua mampu meneladani sikap baik beliau dan rutin untuk mengirim doa. Beliau juga berpesan kepada keluarga yang ditinggalkan, agar tetap kuat dan tetap tabah. Karena tanggung jawab bagi orang yang masih hidup yaitu melanjutkan kebaikan yang telah dilakukan oleh almarhum.

 “Ragamu mungkin tak lagi hadir menemani, tetapi dedikasimu akan selalu kami kenang di dalam hati. Selamat jalan Bapak Dul Halim. Semoga Allah SWT menerima semua amal kebaikanmu, mengampuni segala kesalahan dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan ketabahan dan kesabaran. Aamiin

PBAK Literasi Informasi Dasar Mahasiswa Baru TA. 2021/2022

Sabtu, 4 September 2021 telah diselenggarakan kegiatan Literasi Informasi Dasar bagi mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 dalam rangka kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Sunan Ampel Surabaya. Semoga dengan mengikuti kegiatan ini, dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan sebagai bekal optimalisasi pemanfaatan layanan dan koleksi yang tersedia di perpustakaan. Salam Literasi!

 

Perpanjangan Dispensasi Denda Hingga 30 September 2021

[PENGUMUMAN]

Diumumkan kepada seluruh Sobat Perpustakaan yang masih memiliki pinjaman koleksi. Untuk dispensasi denda keterlambatan diperpanjang sampai dengan 31 Agustus 2021. Dengan demikian, mulai tanggal 17 Maret 2020 hingga 30 September 2021, denda keterlambatan akan ditiadakan.

Mari kita putus mata rantai penyebaran virus Covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan setiap saat. Semoga pandemi ini segera berlalu, sehingga perpustakaan dapat memberikan layanan tatap muka.