Layanan sirkulasi adalah layanan yang diberikan kepada pemustaka untuk memperoleh pinjaman bahan pustaka dan penyelesaian administrasinya. Koleksi yang disirkulasikan (bisa dipinjam) adalah koleksi buku yang berstatus koleksi umum dan didisplay di rak Ruang Koleksi Umum. Koleksi tersebut dapat ditelusur pada data base BUKU, dengan kode ‘U’. Lanyanan sirkulasi berbasis teknologi ini memberikan kemudahan, ketepatan, dan kecepatan kepada para pemustaka untuk melakukan transaksi peminjaman dan pengembalian bahan pustaka dalam hitungan detik. Sistem ini tentu dapat meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga karena transaksi peminjaman dan pengembalian mencapai kisaran antara 700–1500 transaksi setiap harinya.

Layanan sirkulasi hanya diberikan kepada para civitas akademika UIN Sunan Ampel yang telah memiliki kartu anggota Perpustakaan UIN Sunan Ampel dengan rincian peminjaman; a) untuk kategori dosen, jumlah maksimal pinjaman sebanyak 10 eksemplar selama 1 bulan, b) untuk kategori karyawan, memperoleh jatah pinjaman maksimal  5 eksemplar selama 1 minggu, dan c) untuk mahasiswa (S-1, S-2, dan S-3) diberi hak peminjaman maksimal 5 eksemplar selama 1 minggu.

Cara Peminjaman:

  1. Pemustaka mengisi formulir peminjaman yang terdapat di tempat pengisian formulir dengan lengkap (nama, NIM, judul buku, no. registrasi buku, dan tanda tangan harus diisi dengan benar).
  2. Pemustaka melakukan transaksi peminjaman dengan menyerahkan formulir peminjaman dan Kartu Tanda Anggota (KTA) miliknya sendiri.
  3. Apabila pemustaka masih memiliki pinjaman yang terlambat, pemustaka tidak dapat melakukan transaksi peminjaman sebelum buku yang terlambat dikembalikan.
  4. Buku yang telah selesai proses transaksi peminjaman diambil di tempat pengambilan buku pinjaman.
  5. Apabila pemustaka diketahui menggunakan kartu anggota milik pemustaka lain atau dengan sengaja melakukan kecurangan, maka ia dikenai sanksi.
  6. Pemustaka menyerahkan buku pinjaman ke petugas pengembalian.
  7. Apabila pengembalian buku terlambat, maka pemustaka dikenakan denda dan harus dilunasi pada saat itu juga.

Cara Pengembalian dan Perpanjangan:

Buku pinjaman dapat diperpanjang hanya 1 kali perpanjangan dengan mengisi formulir perpanjangan dan dengan ketentuan yang bersangkutan harus datang sendiri.