Manajemen strategi pengelolaan zakat untuk menyejahterakan masyarakat: studi kasus pada Yayasan Nurul Hayat Kabupaten Gresik

Oleh Masthuroh*

.

Tesis ini menformulasikan rumusan masalah sebagai berikut; (1), Bagaimana kondisi internal dan eksternal meliputi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada di Yayasan Nurul Hayat Kabupaten Gresik? (2),  Bagaimanakah  Strategi  pengembangan  manajemen  yang dilakukan oleh Yayasan Nurul Hayat Kabupaten Gresik dalam pengumpulan dan distribusi zakat?

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan  data penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara (indepth interview). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah berupa narasi transkrip  yang dihasilkan melalui  observasi dan  interview pada saat informan atau subyek penelitian berada di lapangan. Dalam teknik yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan  keabsahan  data dengan  pemanfaatan  sumber  lain, Analisis data dalam penelitian ini menggunakan matrik SWOT yang akan membandingkan kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal dengan peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: Hasil evaluasi terhadap lingkungan internal dan eksternal Yayasan Nurul Hayat Kabupaten Gresik menunjukkan bahwa organisasi ini memiliki kekuatan dan peluang yang pada dasarnya juga sudah memiliki kemampuan untuk mengatasi kelemahan dan ancaman yang dihadapi. Kedua: Dalam hal Strategi Pengembangan Manajemen yang Dilakukan oleh Yayasan Nurul Hayat Kabupaten Gresik dalam Pengumpulan dan Distribusi zakat, strategi yang saat ini dilakukan oleh Yasasan Nurul Hayat Cabang Kabupaten Gresik adalah: pertama: Melakukan promosi Yayasan, kedua: Membuat penelitian dan pengembangan, ketiga: Pengembangan program-program Yayasan. Dalam matrik SWOT diperoleh strategi eksploitasi pasar, strategi promosi pasar, pengembangan produk dan riset.

Hasil penelitian ini, disarankan kepada Yayasan Nurul Hayat  untuk menentukan Strategi perencanaan Jangka panjang (program lima tahun kedepan),  membentuk Devisi  penelitian  dan  pengembangan Yayasan,  serta mengadakan Pendampingan mustahiq  untuk bisa lebih produktif, sehingga cita-cita mewujutkan mustahiq  menjadi muzakki  berhasil.

.

*) Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya