031-8431972 perpus@uinsby.ac.id

Oleh Abdur Rohman Falahi*

 

Banyak hal yang membuka peluang terhadap berbagai penafsiran shari’ah yang terdapat dalam al-Qur’an dan al-Sunnah. Segala hal yang berkenaan dengan haid pun tidak lepas dari berbagai penafsiran ulama fiqh. Tesis ini menganalisis  tentang urgensi kaidah fikih al-‘Adah Muhakkamah dalam penetuan hukum haid, juga mengenai pandangan dan pemikiran fikih Shafi’i permasalahan haid khususnya pada masalah wanita yang haidnya mengalami perubahan siklus  serta akibat hukum yang ditimbulkannya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menempatkan riset pustaka (library reseach) sebagai eksplorasi sumber datanya, yakni peneliti mengacu dan menelaah pada data-data karya ilmiah berupa kitab-kitab kuning klasik dan modern serta buku-buku yang berhubungan dengan permasalahan haid. Penelitian ini menggunakan metode analisis interaktif. Artinya analisis dilakukan secara simultan dan terus menerus sejak pengumpulan data dilakukan hingga selesainya pengumpulan data dalam waktu tertentu melalui proses data reduction, data display dan conclution

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kaidah Al-‘Adah Muhakkamah berperan penting dalam kaitannya menetapkan hukum haid pada wanita yang mengalami perubahan siklus darah haidnya. Oleh karena itu jika haid wanita mengalami perubahan setiap bulannya maka darah yang dihukumi haid adalah darah yang keluar sesuai kebiasaanya pada bulan-bulan sebelumnya. Sehingga akibat hukum yang ditimbulkan adalah ketidak bolehan melaksanakan hal-hal yang diharamkan bagi wanita yang sedang haid, seperti shalat, puasa, bersetubuh, tawaf, talaq, dan berdiam diri di masjid.

Mengingat akan pentingnya mengetahui dan mempelajari dinamika haid yang terjadi pada seorang wanita, maka disarankan untuk sering mengikuti diskursus tentang haid. Karena bagi wanita yang sedang keluar darah haid mempunyai implikasi hukum yang berlaku kepadanya, yaitu wajib dan tidaknya dalam melaksanakan shalat serta puasa.

.

*) Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya