Konstruksi pemikiran KH. Achmad Asrori al Ishaqy dalam mengembangkan pendidikan di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya

Oleh Abd Hadi MR*

 

Kehidupan di zaman modern selalu dibuai dengan keglamoran, akibatnya hati mudah terjankit penyakit batin dan semakin hampa dari ketenangan. Oleh karena itu, dibutuhkan dokter yang ahli di bidangnya untuk menanganinya yaitu, ulama sufi yang berpredikat guru tarekat yang juga menguasai berbagai fan ilmu. KH. Achmad Asrori al-Ishaqi adalah salah satu guru tarekat yang ajarannya sedang berkembang saat ini. Namun walaupun demikian, sebagian oknum ada yang menganggap bahwa pola hidup terekat menghambat kreativitas seseorang karena mengajarkan menjauhkan diri dari duniawi, dan hal itu tidak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang berbunyi “Mengembangkan Kreativitas”.

Berdasarkan uraian tersebut, dipandang urgen untuk meneliti tentang Konstruksi pemikiran seorang tokoh ulama yang notabenya guru tarekat yangs sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya yaitu KH. Achmad Asrori, implemintasi pemikirannya. KH. Achmad Asrori dalam merintis  lembaga pendidikan sangat teliti dan hati-hati, dalam artian beliau menata dan mengelola lembaga pendidikannya sangat serius.

Pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Pendekatan Kualitatif“ yaitu penelitian yang berlandaskan objek alamiah atau “Metode Naturalistik”. Dikatakan Naturalistik karena obyek alamiah berkembang apa adanya, tidak dimanipulasi oleh peneliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pendidikan yang dibangun dan dikembangkan oleh KH. Ahmad Asrori dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama (mulai tahun 1994 sampai sekarang jumlah santri baik yang menetap di pondok atau yang tidak menetap putra / putri) sudah mengalami kemajuan yang luar biasa, ini bisa dilihat dari jumlah santri yang menimba ilmu pengetahuan dipondok tersebut yang sudah mencapai 5.158 orang. Itu semua tidak terlepas dari jitunya strategi penempatan orang-orang yang ditugasi sebagai penanggung jawab bagi terlaksananya pembelajaran dipondok Assalafi Al Fithrah ini.

Lembaga pendidikan yang ada di Pondok Al Fithrah Surabaya mencakup lembaga pengajian, pengajian dilaksanakan setiap ahad awal dan kedua, diperuntukkan bagi jamaah secara umum. Yang kedua majlis mubayaah, majlis ini khusus jamaah yang ingin menjadi murid Tarekat. dan pendidikan formal yang yang dikelola secara professional, diperuntukkan bagi calon santri dan santri baik yang menetap atau tidak.

.

*) Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya