Pengembangan Alat Evaluasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya

Oleh Yulianti*

.

Taksonomi  Bloom  Dua  Dimensi merupakan  suatu  taksonomi  tujuan  pembelajaran  yang meliputi  dimensi  proses  kognitif  dan  dimensi  pengetahuan. Dimensi  proses  kognitif meliputi level mengingat,  memahami,  menerapkan,  menganalisis, mengevaluasi, dan  menciptakan. Sedangkan  dimensi  pengetahuan meliputi  pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan  prosedural,  dan  pengetahuan  metakognitif.  Alat  evaluasi  yang  digunakan di sekolah tempat peneliti ini, belum sepenuhnya memperhatikan level-level pada Taksonomi Bloom Dua Dimensi, oleh karena itu peneliti terdorong untuk mengadakan penelitian ini.

Pengembangan alat evaluasi Pendidikan Agama Islam berbasis Taksonomi  Bloom  Dua  Dimensi  pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp, yaitu terdiri dari  lima  fase 1) Investigasi  awal,  2)  Desain,  3)  Realisasi,  4) Tes,  evaluasi,  dan  revisi,  5) Implementasi. Namun  peneliti  ini  hanya  dilakukan  sampai  pada  fase  tes,  evaluasi  dan  revisi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya pada tanggal 6 Januari 2017.

Pada  penelitian ini, telah  dihasilkan  enam item  soal  Berbasis  Taksonomi  Bloom  Dua Dimensi antara lain: a) Mengingat  Pengetahuan  Faktual,  b) Menerapkan Pengetahuan Faktual, c) Menerapkan Pengetahuan Faktual d) Mengingat Pengetahuan Konseptual, e) Mengingat Pengetahuan Konseptual, dah f) Menilai Pengetahuan Prosedural.

Hasil dari analisis  lembar validasi, diperoleh bahwa  soal  yang dikembangkan dalam kategori  sangat valid dan dapat digunakan di lapangan dengan sedikit revisi. Hasil dari uji coba terbatas diperoleh skor siswa yang kemudian dianalisis dan diperoleh koefisien reliabilitas 1, 019524 dengan kategori reliabilitas  sangat  tinggi. Oleh  karena  itu,  alat  evaluasi Pendidikan Agama Islam berbasis  Taksonomi  Bloom Dua Dimensi pada materi hewan halal dan haram telah memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan baik.

.

*) Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya