031-8431972 perpus@uinsby.ac.id

Oleh Sutriyono*

.

Sistem managemen balancedscorecard yang berkembang saat ini telah banyak mengatarkan kesuksesan dalam dunia bisnis dan mengantarkan perusahaan mendapatkan keuntungan dan bertahan dalam arus persaingan global. Lembaga kursus al Qur’an masjid al Falah Surabaya sebagai lembaga dakwah memiliki berbagai langkah managemen pelayanan yang diberikan kepada santrinya secara profesional sebagaimana layaknya perusahaan bisnis.

Penelitian ini bersifat evaluasi terhadap pelaksanaan managemen mutu pelayanan lembaga terhadap santri. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan melakukan wawancara kepada stakeholder, dan penggunaan dokumen sumber-sumber tertulis.

Temuan penelitian ini menunjukkan ada beberapa hal unik dalam menagemen pelayanan mutu, dimana lembaga ini menerapkan biaya kursus dengan sistem “gendong” atau subsidi silang, membidik pasar spesifik yaitu dewasa hingga lansia dan membangun hubungan harmonis orang tua dan anak, inovasi produk kursus, dan kajian tasawuf dalam meningkatkan kinerja ustad/ustadzah. Rekomendasi penelitian adalah perluasan pasar(santri), analisa kebutuhan santri, inovasi produk dan pelatihan SDM.

.

*) Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya