Berita

@Tarbiyah dan Keguruan

Thursday, 3 March 2022

KULIAH PERDANA KELAS INTERNASIONAL "TWINNING PROGRAM-DUAL DEGREE FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN AMPEL DAN  SUEZ CANAL UNIVERSITY MESIR"

Kamis,  03 Maret 2022 sebanyak 45 Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya resmi mengikuti kuliah kelas internasional Twinning Program-Dual Degree antara UIN Sunan Ampel Surabaya dan Suez Canal University Mesir. Perkuliahan yang dimulai tanggal 03 Maret 2022 hingga 14 Juni 2022 dibuka secara langsung oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA, Ph.D. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa syukur dan terimakasih khususunya kepada segenap pimpinan dan tim atas terlaksananya kerja sama antara Canal Suez University Mesir dengan UIN Sunan Ampel Surabaya sehingga terciptanya program Twinning Program-Dual Degree. Hal tersebut merupakan langkah baru bagi UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai World Class University. “Kedepannya semoga kegiatan perkuliahan ini dapat diikuti oleh Fakultas dan Prodi lainnya”, ujar Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya. 

Turut hadir Prof. Dr. Sangidu Asofa, M.Hum dari UGM/Addikbud Mesir 2009-2013 yang menyertai Rektor UINSA dalam sambutannya mengatakan bahwa kerjasama ini dirintis UIN Sunan Ampel Surabaya dawaktu yang sudah lama namun baru tahun ini bisa dilaksanakan karena pandemi dan hal-hal lain.  Setelah pembukaan oleh Rektor dilanjutkan kuliah perdana oleh Dr. Tameer  Saad Ibrahim Khader dan Dr. Kh. Afifuddin Dimyati, MA yang membahas tentang  psikoliguistik, yaitu ilmu yang berkaitan dengan studi tentang proses mental/jiwa yang terjadi selama penggunaan bahasa untuk pemahaman dan produksi bahasa itu sendiri, dengan kata lain ilmu yang mempelajari perilaku linguistic manusia, proses psikologis, mental, dan kognitif yang terjadi selama bahasa tersebut digunakan. Bidang ini sendiri berkaitan dengan studi faktor pskilogis dan faktor neuro biologis yang memungkinkan seseorang untuk memahami suatu bahasa, menggunakannya dan mengucapkannya terutama berkaitan dengan mekanisme pemrosesan bahasa dalam pikiran dan otak. Selama proses perkuliahan, seluruh mahasiswa sangat fokus dan antusias menyimak penjelasan yang disampaikan. “Minat terhadap ilmu psikolinguistik ini dimulai di Amerika sejak lima puluh abad terakhir, dimana psikolinguistik diperlukan untuk menciptakan sturktur linguistik yang sehat dengan menggunakan aturan tata bahasa dan kamus yang tersimpan dalam pikiran manusia”, ujar Dr. Tameer  Saad Ibrahim Khader. Selama proses perkuliahan, mahasiswa sangat fokus dan antusias dalam menyimak penjelasan yang diberikan. Menjelang akhir perkuliahan, Dr. Tameer  Saad Ibrahim Khader meminta beberapa mahasiswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi psikolinguistik. 

Kegiatan kuliah perdana ini terlaksana  setelah ada kerjasama antara Suez Canal University dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya pada tanggal 24 Nopember 2021 di gedung rektorat kampus Suez Canal University dilakukan tanda tangan Memorandum of Action(MoA) on Academic Cooperation (MoA) antar FTK-UINSA dan Suez Canal University yang dilakukan oleh Dekan FTK-UINSA Prof.Dr.Ali Masud dengan Prof.Dr.Hasan Yusuf Dekan Afro Asia dengan disaksikan oleh: Wakil Duta Besar Indonesia Mesir  DCM. Muhamad Aji Surya, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Mesir. Bapak Bambang Suryadi, Wakil Rektor Canal Suez University, Prof,Dr. Majidah Hagras, Prof,Dr.Sangidu Asofa (FIB-UGM), Tim FTK dan Staff Kedutaan KBRI. Adapun poin-poin penting naskah kerjasama akan diimplementasikan dalam waktu dekat yang meliputi:

  1. Pelaksanaan Twinning Programm-Dual Degree. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya khususnya prodi Pendidikan Bahasa Arab akan mengirimkan mahasiswa 15-20 orang ke Canal Suez University dengan durasi 3+1, yaitu 3 tahun di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya dan 1 tahun di Suez Canal University dengan gelar kelulusan Diplom/Dipl-LC (Setara sarjana S-1 di Indonesia) dan gelar S.Pd dari FTK UINSA. Teknis Pengiriman mahasiswa dimulai pada tahun akademik 2022-2023 untuk semester 5 prodi Pendidikan bahasa Arab atau prodi lain yang memenuhi kualifikasi dengan  diawali tes akademik, kebahasaan dan dilanjutkan dengan takhassus/pendalaman materi Bahasa Arab dengan P2B UINSA selama 3-6 bulan sebelum dikirim ke Suez Canal Univ.
  2. Kerjasama pertukaran Guru Besar/Visiting Professor, Dosen dan mahasiswa
  3. Pertukaran tim khusus dalam kegiatan kerjasama pendidikan dan kebudayaan
  4. Seminar dan konferensi bersama antar Perguruan Tinggi
  5. Trainning dalam bidang riset, pengajaran Bahasa Arab bagi penutur non Arab dan ilmu-ilmu Al-Quran
  6. Riset kolaboratif, penerbitan buku dan kajian ilmiah bersama skala internasional.

Kerjasama di Mesir tidak hanya dilakukan dengan Canal Suez University saja tetapi dengan lembaga lain seperti dengan International Center For The Holy Qur’an And Sciences In Umraniyyah, Arab Republic Of Egypt antara Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel dan Al-Mudir ICHS Prof.Dr.Imam Dawood terkait dengan bebrapa hal penting diantaranya:

  1. Pengiriman mahasiswa Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya untuk memperdalam/Tahassus Bahasa Arab selama 3-6 bulan di ICHS pimpinan Prof.Dr.Imam Dawood.
  2. Transfer kredit mata kuliah program sarjana (S-1) yang akan dikirim ke ICHS dan kampus 6 October (Sittah October/kota 2 jam perjalanan dari Kairo).
  3. Trainning dalam bidang riset, pengajaran Bahasa Arab bagi penutur non Arab dan ilmu-ilmu Al-Quran
  4. Penulisan dan penerbitan buku bahasa Arab dan kajian ilmiah bersama skala internasioal
  5. Pengajaran Bahasa Arab bagi penutur non Arab dan ilmu-ilmu Al-Quran serta Pengajaran Bahasa Indonesia penutur Asing (BIPA).

Lembaga lain yang bekerjasama dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel yaitu University Of El-Maaref For Scienceand Technology (UME) Egypt dengan Rektornya  Prof.Dr. Muhammad Muhammdain yang sangat antusias berdiskusi dan presentasi tentang kampus yang dipimpinnya serta presentasi yang diakukan oleh dekan FTK UINSA tentang kegiatan dan eksistensi UINSA. Karena masih tahap rintisan belum terjadi penandatanganan MoA dengan Al-Maarif dan akan  dilakukan ketika kunjungan balasan ke Indonesia/UINSA. Semoga ke depannya, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga demi terwujudnya pendidikan yang berkualitas internasional.