Berita

@Pendidikan Profesi Guru

Tuesday, 22 March 2022

PERSIAPKAN PERKULIAHAN PPG, LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA GELAR ORIENTASI MAHASISWA PGG DALJAB PAI DAN MADRASAH BATCH 1 TAHUN 2022

Dalam rangka mempersiapkan perkuliahan Pendidikan Profesi Guru yang  akan dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2022, Program Studi Pendidikan Profesi Guru LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar Orientasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) PAI dan Madrasah Batch 1. Sejumlah 300 mahasiswa PAI dan Madrasah hadir dalam kegiatan orientasi yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada hari Selasa, 22 Maret 2022.

Acara dibuka pada pukul 13.00 WIB oleh Master of Ceremony (MC) Ibu Desy Indarwati, S.Pd.  Turut hadir Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sekaligus Ketua LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan orientasi. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang kepada 374 mahasiswa PAI dan Madrasah karena telah berhasil lulus menjadi mahasiswa PPG. Beliau juga menyampaikan agar seluruh mahasiswa PPG fokus dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PPG. “Bapak dan Ibu mahasiswa tidak perlu khawatir jika mengalami kesulitan dalam proses perkuliahan terutama dalam mengoperasikan LMS, karena akan ada helpdesk yang akan membantu. Seluruh dosen, helpdesk, dan tenaga kependidikan LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang berAKHLAK, yakni berorientasi Pelayanan, AkuntabelKompetenHarmonisLoyal, Adaptif, dan Kolaboratif dalam setiap proses perkuliahan dan pembelajaran”, Ujar Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sekaligus Ketua LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bapak Dr. H. Muh. Khoirul Rifa’i, M.Pd.I yang menjelaskan mekanisme pelaksanaan PPG Daljab 2022 dan Bapak Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd yang merupakan ketua tim IT LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya  yang menjelaskan pengenalan dan simulasi LMS. Dalam pemaparan materi terkait dengan mekanisme pelaksanaan PPG Daljab Tahun 2022, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya mengungkapkan bahwa ada beberapa tahapan kegiatan yang harus dijalani oleh mahasiswa PPG Daljab Tahun 2022. Diawali dengan pendalaman materi, Lokakarya pengembangan perangkat pembelajaran, Review perangkat pembelajaran, Uji Komprehensif, PLP, Uji Kinerja, sampai dengan Uji Pengetahuan. Pada kuliah perdana di tanggal 24 maret 2022, beliau menjelaskan bahwa pada kegiatan pendalaman materi, setiap modul harus dituntaskan oleh mahasiswa dalam waktu 3 hari, dimana dalam 1 modul ada beberapa tugas yang harus dituntaskan oleh mahasiswa dimulai dengan meresume materi setiap KB, tugas analisa bahan ajar, tugas analisa materi, tes formatif, dan tes akhir modul.

Bagian akhir dari kegiatan ini adalah pengenalan dan simulasi pengoperasian Learning Management System (LMS) yang dipandu oleh Ketua Tim IT LPK UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Muhammad Syahru Ahmd, S.Pd. Narasumber membimbing mahasiswa dari proses login, proses download kontrak kuliah/belajar, proses unggah tugas, memeriksa tugas dan penilaian dosen, hingga tes formatif dan proses remedial sembari menjelaskan fitur-fitur yang ada di LMS.Setelah proses simulai LMS, peserta diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada narasumber secara langsung melalui fitur raise hand dan kolom chat. Acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta orientasi  PPG Daljab Batch 1 tahun 2022.