Pelaksanaan Visitasi Re-Akreditasi Perpustakaan UIN Sunan Ampel

Kamis, 29 April 2021 merupakan salah satu momen bersejarah bagi perpustakaan UIN sunan Ampel Surabaya. Hal ini dikarenakan perpustakaan UIN Sunan Ampel berkesempatan untuk dikunjungi secara luring oleh tim asesor perpustakaan nasional RI yang diwakili oleh Bapak Drs. Supriyanto, M.Si. (Direktur Standardisasi dan Akreditasi) dan Bapak Bambang Supriyo Utomo, M.Lib. (Asesor LAP-N) serta Ibu Alfi Noor Afridiyan, S.IIP selaku asisten asesor dalam rangka “Visitasi Re-akreditasi perpustakaan UIN Sunan Ampel.” Kegiatan yang diselenggarakan di dua lokasi yaitu Twin Tower lantai 9 dan perpustakaan UIN Sunan Ampel ini dihadiri oleh pimpinan universitas, dekanat, perwakilan biro, kepala unit dan koordinator bagian serta seluruh tenaga perpustakaan.

Kegiatan ini dibuka secara seremonial oleh rektor UIN sunan Ampel yaitu Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D. di Twin Tower lantai 9. Dalam sambutannya, Prof. Masdar mengungkapkan besar harapannya agar masukan dari asesor dapat memberikan impact yang besar bagi perpustakaan dan sivitas akademika, mengingat saat ini telah memasuki era digital. Setelah itu sambutan dilanjutkan oleh pihak asesor perpustakaan nasional. Bapak Drs. Supriyanto, M.Si. dan bapak Bambang Supriyo Utomo, M.Lib. bersyukur karena visitasi kali ini dapat dilakukan secara luring dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Lebih lanjut beliau berdua juga berharap dengan diadakannya visitasi re-akreditasi ini, perpustakaan UIN Sunan Ampel mampu untuk meningkatkan kualitas dan tetap berinovasi dalam memberikan layanan. Pada kesempatan ini, perpustakaan juga berkesempatan untuk menampilkan video profil perpustakaan dan dilanjutkan dengan presentasi profil perpustakaan yang disampaikan oleh Ibu Dr. Irma Soraya, M.Pd. selaku kepala perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Setelah pemaparan yang disampaikan oleh kepala perpustakaan, kegiatan seremonial ini ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan kunjungan tim asesor yang didampingi oleh pimpinan universitas, kepala perpustakaan dan pustakawan ke perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Pada saat mengelilingi perpustakaan, tim asesor tidak hanya sekedar melihat namun juga memberikan tanggapan dan masukan terkait fasilitas dan layanan di perpustakaan, salah satunya yaitu tentang Arabic Corner. Tim asesor menyebutkan bahwa corner ini cukup menarik dan bisa memfasilitasi pemustaka terkait koleksi bahasa arab. Hanya saja corner ini belum menunjukkan suasana islami.

Kepala Perpustakaan UIN Sunan Ampel

Setelah mengelilingi lantai 1 hingga lantai 3 perpustakaan, tim asesor menuju ruangan yang telah dipersiapkan untuk memverifikasi instrumen akreditasi dengan bukti fisik yang telah dipersiapkan oleh tim penyusun dokumen. Pada saat memverifikasi, Bapak Bambang Supriyo Utomo, M.Lib. bertugas untuk memverifikasi komponen 1 hingga komponen 3, sementara Bapak Drs. Supriyanto, M.Si bertugas untuk memverifikasi komponen 4 hingga komponen 6.

Proses Verifikasi Instrumen Akreditasi oleh Tim Asesor Perpusnas

Proses verifikasi instrumen hingga saat pembacaan hasil sementara visitasi akreditasi pun berjalan lancar tanpa ada halangan yang berarti. Setelah serangkaian proses verifikasi instrument akreditasi telah selesai, kegiatan ini ditutup dengan berfoto bersama-sama. Dengan berakhirnya kegiatan visitasi re-akreditasi ini, semoga perpustakaan UIN Sunan Ampel mendapatkan hasil yang maksimal seperti yang diharapkan,  Aamiin.

Perwakilan Pimpinan Universitas, tenaga perpustakaan dan Tim Asesor Perpusnas berfoto bersama
Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial
YouTube
Instagram
Telegram