Bebas Pinjam

Hai Sobat Perpustakaan, surat keterangan bebas pinjam perpustakaan merupakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh perpustakaan, yang bertujuan menerangkan bahwa anggota tersebut sudah tidak memiliki pinjaman di perpustakaan. Pada umumnya anggota yang akan pindah studi, cuti kuliah, dan wisuda akan membutuhkan surat keterangan ini. Adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan surat keterangan bebas pinjam, diantaranya yaitu:

  1. Anggota aktif perpustakaan;
  2. Anggota tidak memiliki pinjaman koleksi perpustakaan;
  3. Anggota terbebas dari biaya administrasi; dan
  4. Bagi anggota yang akan wisuda, maka diwajibkan untuk mengunggah karya ilmiah tugas akhir di digilib.uinsby.ac.id sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Nah Sobat Perpustakaan masih bingung cara mendapatkan surat keterangan bebas pinjam? Yuk simak panduan verifikasi online berikut ini!

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik create account di digilib.uinsby.ac.id, lalu mengisi form dan menunggu konfirmasi balasan. Adapun file yang diunggah di digilib yaitu:

  1. File pdf Watermark;
  2. File Word Document fulltext (bukan RTF);
  3. File pdf lampiran belakang;
  4. Foto fisik tugas akhir terjilid; dan
  5. File pdf Lembar bebas pinjam perpustakaan pascasarjana (S2, S3)
  6. Poin 1-5 diunggah dalam satu folder zip/rar dengan nama “Nama Lengkap_NIM

Langkah kedua yaitu mengisi survey kepuasan pada menu digilib dan melakukan verifikasi via telegram, dengan menuliskan “Nama Lengkap/NIM/Sudah Upload” pada grup www.bit.ly/telegramperpus.

Setelah itu Surat Keterangan Bebas Pinjam akan dikirimkan via telegram.

Bagi mahasiswa Pascasarjana yang belum terdaftar aktif sebagai anggota, diharapkan membayar biaya registrasi sebesar Rp 50.000,00 via transfer ke:

                Rekening             : 00064-01-50-005917-7

                Bank                      : BTN

                Atas Nama          : Hety Irma S.

setelah proses transfer selesai, Sobat Perpustakaan dapat mengirimkan bukti transfer via telegram.